6 Cara Mudah Membedakan Sepatu Ori Dan Kw 

Produk original merupakan jenis barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang resmi ini murni diproduksi, diseleksi, lalu distandarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barangnya benar benar terjamin dan tidak akan mengecewakan konsumen. Membeli produk original juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih lagi merek produk tersebut cukup terkenal di dunia.

Munculnya produk replika atau KW yang memiliki kualitas baik, tetapi menggunakan bahan yang tidak sama dengan yang aslinya. Sebutan KW sendiri sangat familiar di Indonesia, justru lebih laris daripada sepatu original dan premium. Kebanyakan masyarakat Indonesia memang lebih memilih produk KW dikarenakan dari segi harganya yang sangat terjangkau.

Tetapi tidak sedikit juga orang yang hanya ingin membeli produk ori saja. Jika kamu salah seorang yang hanya ingin mendapatkan sepatu original saja, maka kamu harus mengetahui cara membedakan sepatu ori dan kw. Berikut dibawah ini cara mudah membedakan sepatu ori dan kw diantaranya yaitu : 

  1. Negeri Asal Sepatu Diproduksi

Sebagian penjual di Indonesia biasanya memberikan keterangan produk original made ini apa dan dari negara mana. Pada dasarnya yang menjadi patokan untuk mengetahui sepatu itu original atau bukan adalah tidak bisa dilihat dari asal negeri pembuatannya.

Bahkan pembuatan sepatu original dan replika bisa berasal dari negeri yang sama, tetapi menggunakan bahan yang beda. Pabrik dan quality controlnya juga berbeda. Misalnya untuk sepatu Nike dan Adidas yang diproduksi diberbagai negeri di seluruh dunia seperti Indonesia, China, Vietnam, Kamboja, dan lainnya. Tetapi beda produksi negara pastinya juga berbeda kualitasnya.

  1. Kode Produk Pada Box Sama Seperti Kode Pada Tag Sepatu

Untuk mengetahui sneakers yang dibeli original atau tidak, coba perhatikan box-nya. Jika kamu menemukan nomor produk salah, salah mengeja kata, mewarnai tidak aktif, atau penempatan labelnya salah misalnya terpusat atau bengkok, maka kecenderungannya itu bukan sepatu original.

Karena sepatu original pastinya memiliki tag, biasanya tag berada dilidah sepatu bagian dalam, atau didalam sepatu bagian samping. Dimana dimuatnya informasi tentang kode sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Untuk kode dan ukuran sepatunya harus sesuai dengan informasi yang tertera pada box sepatu. Jika kamu menemukan adanya perbedaan maka harus berhati hati, karena kemungkinannya itu barang kw. Jadi pastikan kembali secara detail saat membeli.

  1. Aroma Sepatu

Dengan hanya menggunakan indra penciuman saja, kamu sudah bisa membedakan sepatu ori dan kw. Sepatu original biasanya akan berbau seperti karet, sementara yang replika memiliki bau menyengat seperti lem dan keras.

  1. Kualitas Jahitan Sepatu

Coba perhatikan secara detail jahitannya. Pada sepatu replika biasanya akan ditemukan cacat dan bahkan keluar. Sedangkan kualitas pembuatan sepatu original pastinya berbeda dengan sepatu replika. Salah satu kualitas pembuatannya bisa dilihat pada bagian jahitannya. Sepatu original memiliki jahitan yang lebih rapi dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu kw.

  1. Memperhatikan Sol Sepatu

Sol sepatu original biasanya terbuat dari busa yang bagus serta dibagian tempat kaki kamu berpijak dibuat dari bahan kain yang sangat halus. Untuk insole-nya sepatu original ini dibuat dengan sangat mendetail.

  1. Memperhatikan Logo Sepatu

Kamu juga harus memeriksa secara lebih detail penempatan logonya. Jika penempatan logonya bengkok, maka dipastikan ini produk kw. Karena sepatu original, dipastikan penempatan logonya itu sangat rapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *